Historical Fiction Indonesia

User avatar
marsh113
Penimbun Buku
Posts: 52
Joined: Sun Jan 17, 2016 9:06 pm
ID BBI: 1301024

Historical Fiction Indonesia

Postby marsh113 » Wed Feb 03, 2016 2:58 pm

PENYUKA HISTORICAL FICTION INDONESIA NGOBROL DI SINI YUK!!



Halo teman-teman BBI!!! Adakah di sini yang menyukai buku-buku hisfic berlatar Indonesia? Aku suka beberapa, tapi masih yang ringan-ringan aja sih. Beberapa novel hisfic favoritku:

1. Rindu yang Membawamu Pulang - Ario Sasongko
Bercerita tentang cinta laki-laki pribumi dan perempuan tionghoa dengan latar Kongres Pemuda.
Romantis, suasananya dapet banget, dengan balutan sejarah yang kental dan pemikiran-pemikiran yang dalam.

2. Serial De Winst - Afifah Afra (De Winst, De Liefde, Da Conspiracao, seri ke-4 belum terbit)
Ini juga bagus, tentang dua orang keluarga ningrat Jawa yang berjuang untuk kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajah Belanda. Banyak intriknya. Nungguin buku keempatnya keluar deeeh!!!

3. Kei - Erni Aladjai
Berlatar kerusuhan 1998 di kepulauan Kei.

4. Pulang - Leila S. Chudori
Tentang Dimas Suryo, eksil politik yang nyangsang di Paris setelah G30SPKI meledak di Indonesia, dan perjalanan Lintang, putrinya, yang kembali ke Indonesia bertahun-tahun kemudian.

Tentu masih banyak lagi novel-novel historical fiction Indonesia. Ada yang mau berbagi buku-buku favoritnya?
Dan mungkin, kalo udah ketemu sesama pencinta buku hisfic Indo, kita bisa sama-sama bikin baca bareng dsb..
M A R T I N A S U G O N D O
DIVISI EVENT BBI
BBI 1301024
http://readinginthemorning.blogspot.co.id/
User avatar
bzee
Posts: 29
Joined: Tue Jan 26, 2016 11:43 am
ID BBI: 1301044

Re: Historical Fiction Indonesia

Postby bzee » Wed Feb 03, 2016 3:33 pm

Aku suka Bumi Manusia nya Pram, tapi belum baca lanjutannya. Jarang baca buku Indonesia nih, pe-er pribadi (udah nimbun ceritanya, haha)
User avatar
helvry
Pecandu Buku
Posts: 200
Joined: Sun Jan 17, 2016 10:22 pm
Location: Bandung
ID BBI: 1301041

Re: Historical Fiction Indonesia

Postby helvry » Thu Feb 04, 2016 12:12 am

Yang bikin aku suka sama sejarah Indonesia adalah novel "Rahasia Meede" oleh ES Ito.
Asli mantap.
agak susah nyari buku itu sekarang
Helvry Sinaga | http://blogbukuhelvry.blogspot.co.id
Powered by Don't worry
User avatar
CynthiaD
Posts: 7
Joined: Wed Jan 27, 2016 8:12 am
ID BBI: 1310181

Re: Historical Fiction Indonesia

Postby CynthiaD » Thu Feb 04, 2016 12:12 pm

aku baru saja selesai baca Sang Juragan Teh - Hella S. Haasse

ceritanya tentang keluarga besar Belanda yang menjadi kontraktor dan administrator kebun-kebun teh, kopi dan kina di daerah priangan jawa barat di sekitar akhir 1800-an dan awal 1900an. menariknya, dalam cerita ini, banyak muncul pandangan politik dan budaya orang Belanda terhadap orang-orang pribumi dan tanah 'Hindia Belanda', baik dari sudut pandang yang mendukung maupun yang menganggap orang-orang pribumi ini hanyalah 'orang terkebelakang dan tak berbudaya'. jadi seperti melihat indonesia jaman doeloe, tp dari mata sang penjajah :D
Cindy #1310181
readbetweenpages.blogspot.co.id
User avatar
Mulya Saadi
Posts: 23
Joined: Thu Jan 28, 2016 11:27 am
ID BBI: 1503290

Re: Historical Fiction Indonesia

Postby Mulya Saadi » Fri Feb 05, 2016 10:01 am

helvry wrote:Yang bikin aku suka sama sejarah Indonesia adalah novel "Rahasia Meede" oleh ES Ito.
Asli mantap.
agak susah nyari buku itu sekarang


Saya dari dulu pengen baca itu, tapi bukunya susah dicari ya...udah lama sih :)
https://mulyasaadi.wordpress.com/
#BBI 1503290
Facebook : Mulya Saadi
Image
User avatar
mahdiyanti
Posts: 22
Joined: Wed Jan 27, 2016 9:15 am
ID BBI: 1308173

Re: Historical Fiction Indonesia

Postby mahdiyanti » Fri Feb 05, 2016 4:00 pm

marsh113 wrote:PENYUKA HISTORICAL FICTION INDONESIA NGOBROL DI SINI YUK!!



Halo teman-teman BBI!!! Adakah di sini yang menyukai buku-buku hisfic berlatar Indonesia? Aku suka beberapa, tapi masih yang ringan-ringan aja sih. Beberapa novel hisfic favoritku:

1. Rindu yang Membawamu Pulang - Ario Sasongko
Bercerita tentang cinta laki-laki pribumi dan perempuan tionghoa dengan latar Kongres Pemuda.
Romantis, suasananya dapet banget, dengan balutan sejarah yang kental dan pemikiran-pemikiran yang dalam.

2. Serial De Winst - Afifah Afra (De Winst, De Liefde, Da Conspiracao, seri ke-4 belum terbit)
Ini juga bagus, tentang dua orang keluarga ningrat Jawa yang berjuang untuk kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajah Belanda. Banyak intriknya. Nungguin buku keempatnya keluar deeeh!!!

3. Kei - Erni Aladjai
Berlatar kerusuhan 1998 di kepulauan Kei.

4. Pulang - Leila S. Chudori
Tentang Dimas Suryo, eksil politik yang nyangsang di Paris setelah G30SPKI meledak di Indonesia, dan perjalanan Lintang, putrinya, yang kembali ke Indonesia bertahun-tahun kemudian.

Tentu masih banyak lagi novel-novel historical fiction Indonesia. Ada yang mau berbagi buku-buku favoritnya?
Dan mungkin, kalo udah ketemu sesama pencinta buku hisfic Indo, kita bisa sama-sama bikin baca bareng dsb..



aku juga suka De Winst :D baru baca 2 yg De Winst dan De Liefde itupun semua pinjem perpus sekolah.. klo udah keluar semua mau koleksi deh..
trus sama Bumi Manusia lagi ngantri pinjeman #ups
Hanifah Mahdiyanti (HANI)
BBI 1308173
http://sudutbukuhani.blogspot.com/
User avatar
marsh113
Penimbun Buku
Posts: 52
Joined: Sun Jan 17, 2016 9:06 pm
ID BBI: 1301024

Re: Historical Fiction Indonesia

Postby marsh113 » Fri Feb 05, 2016 9:11 pm

CynthiaD wrote:aku baru saja selesai baca Sang Juragan Teh - Hella S. Haasse

ceritanya tentang keluarga besar Belanda yang menjadi kontraktor dan administrator kebun-kebun teh, kopi dan kina di daerah priangan jawa barat di sekitar akhir 1800-an dan awal 1900an. menariknya, dalam cerita ini, banyak muncul pandangan politik dan budaya orang Belanda terhadap orang-orang pribumi dan tanah 'Hindia Belanda', baik dari sudut pandang yang mendukung maupun yang menganggap orang-orang pribumi ini hanyalah 'orang terkebelakang dan tak berbudaya'. jadi seperti melihat indonesia jaman doeloe, tp dari mata sang penjajah :D


Aku juga pengin baca ituuu... Cuma belum beli karena lagi nungguin hadiah lomba mewarnai Natal & Tahun Baru Gramedia kemarin. Kan disuruh pilih 5 buku, tapi ga jelas mana yang dapet. Padahal Gramedia lagi ada diskon 30% juga pake BCA. huuuw... *manyun*

Oeroeg-nya nggak cetak ulang ya? Aku pengin baca itu juga deeeh
M A R T I N A S U G O N D O
DIVISI EVENT BBI
BBI 1301024
http://readinginthemorning.blogspot.co.id/
User avatar
Sinta_Nisfuanna
Posts: 20
Joined: Mon Feb 01, 2016 12:51 pm
ID BBI: 1301050

Re: Historical Fiction Indonesia

Postby Sinta_Nisfuanna » Fri Feb 05, 2016 10:23 pm

Terakhir baca Surga Retak, agak ada mistis2nya sih, tapi lumayan untuk tambahan wawasan sejarah Tanah Deli ;)
User avatar
helvry
Pecandu Buku
Posts: 200
Joined: Sun Jan 17, 2016 10:22 pm
Location: Bandung
ID BBI: 1301041

Re: Historical Fiction Indonesia

Postby helvry » Sun Feb 07, 2016 11:47 pm

Sinta_Nisfuanna wrote:Terakhir baca Surga Retak, agak ada mistis2nya sih, tapi lumayan untuk tambahan wawasan sejarah Tanah Deli ;)

wah boleh nih mbak....data-data bukunya dong mbak. :)
Helvry Sinaga | http://blogbukuhelvry.blogspot.co.id
Powered by Don't worry
User avatar
Sinta_Nisfuanna
Posts: 20
Joined: Mon Feb 01, 2016 12:51 pm
ID BBI: 1301050

Re: Historical Fiction Indonesia

Postby Sinta_Nisfuanna » Mon Feb 08, 2016 10:17 am

helvry wrote:
Sinta_Nisfuanna wrote:Terakhir baca Surga Retak, agak ada mistis2nya sih, tapi lumayan untuk tambahan wawasan sejarah Tanah Deli ;)

wah boleh nih mbak....data-data bukunya dong mbak. :)


Ini mas, dulu aku bacanya dari Ijak :D
https://www.goodreads.com/book/show/180 ... on=service

Return to “Fiksi Sejarah”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 0 guests