[phpBB Debug] PHP Warning: in file [ROOT]/includes/bbcode.php on line 494: preg_replace(): The /e modifier is no longer supported, use preg_replace_callback instead
[phpBB Debug] PHP Warning: in file [ROOT]/includes/bbcode.php on line 494: preg_replace(): The /e modifier is no longer supported, use preg_replace_callback instead
[phpBB Debug] PHP Warning: in file [ROOT]/includes/bbcode.php on line 494: preg_replace(): The /e modifier is no longer supported, use preg_replace_callback instead
[phpBB Debug] PHP Warning: in file [ROOT]/includes/bbcode.php on line 494: preg_replace(): The /e modifier is no longer supported, use preg_replace_callback instead
[phpBB Debug] PHP Warning: in file [ROOT]/includes/bbcode.php on line 494: preg_replace(): The /e modifier is no longer supported, use preg_replace_callback instead
[phpBB Debug] PHP Warning: in file [ROOT]/includes/bbcode.php on line 494: preg_replace(): The /e modifier is no longer supported, use preg_replace_callback instead
[phpBB Debug] PHP Warning: in file [ROOT]/includes/bbcode.php on line 494: preg_replace(): The /e modifier is no longer supported, use preg_replace_callback instead
[phpBB Debug] PHP Warning: in file [ROOT]/includes/bbcode.php on line 494: preg_replace(): The /e modifier is no longer supported, use preg_replace_callback instead
[phpBB Debug] PHP Warning: in file [ROOT]/includes/bbcode.php on line 494: preg_replace(): The /e modifier is no longer supported, use preg_replace_callback instead
[phpBB Debug] PHP Warning: in file [ROOT]/includes/bbcode.php on line 494: preg_replace(): The /e modifier is no longer supported, use preg_replace_callback instead
[phpBB Debug] PHP Warning: in file [ROOT]/includes/bbcode.php on line 494: preg_replace(): The /e modifier is no longer supported, use preg_replace_callback instead
[phpBB Debug] PHP Warning: in file [ROOT]/includes/bbcode.php on line 494: preg_replace(): The /e modifier is no longer supported, use preg_replace_callback instead
[phpBB Debug] PHP Warning: in file [ROOT]/includes/bbcode.php on line 494: preg_replace(): The /e modifier is no longer supported, use preg_replace_callback instead
[phpBB Debug] PHP Warning: in file [ROOT]/includes/bbcode.php on line 494: preg_replace(): The /e modifier is no longer supported, use preg_replace_callback instead
[phpBB Debug] PHP Warning: in file [ROOT]/includes/bbcode.php on line 494: preg_replace(): The /e modifier is no longer supported, use preg_replace_callback instead
[phpBB Debug] PHP Warning: in file [ROOT]/includes/bbcode.php on line 494: preg_replace(): The /e modifier is no longer supported, use preg_replace_callback instead
[phpBB Debug] PHP Warning: in file [ROOT]/includes/bbcode.php on line 494: preg_replace(): The /e modifier is no longer supported, use preg_replace_callback instead
[phpBB Debug] PHP Warning: in file [ROOT]/includes/bbcode.php on line 494: preg_replace(): The /e modifier is no longer supported, use preg_replace_callback instead
[phpBB Debug] PHP Warning: in file [ROOT]/includes/bbcode.php on line 494: preg_replace(): The /e modifier is no longer supported, use preg_replace_callback instead
[phpBB Debug] PHP Warning: in file [ROOT]/includes/bbcode.php on line 494: preg_replace(): The /e modifier is no longer supported, use preg_replace_callback instead
[phpBB Debug] PHP Warning: in file [ROOT]/includes/bbcode.php on line 494: preg_replace(): The /e modifier is no longer supported, use preg_replace_callback instead
[phpBB Debug] PHP Warning: in file [ROOT]/includes/bbcode.php on line 494: preg_replace(): The /e modifier is no longer supported, use preg_replace_callback instead
[phpBB Debug] PHP Warning: in file [ROOT]/includes/bbcode.php on line 494: preg_replace(): The /e modifier is no longer supported, use preg_replace_callback instead
[phpBB Debug] PHP Warning: in file [ROOT]/includes/bbcode.php on line 494: preg_replace(): The /e modifier is no longer supported, use preg_replace_callback instead
[phpBB Debug] PHP Warning: in file [ROOT]/includes/bbcode.php on line 494: preg_replace(): The /e modifier is no longer supported, use preg_replace_callback instead
[phpBB Debug] PHP Warning: in file [ROOT]/includes/bbcode.php on line 494: preg_replace(): The /e modifier is no longer supported, use preg_replace_callback instead
[phpBB Debug] PHP Warning: in file [ROOT]/includes/bbcode.php on line 113: preg_replace(): The /e modifier is no longer supported, use preg_replace_callback instead
[phpBB Debug] PHP Warning: in file [ROOT]/includes/bbcode.php on line 370: preg_replace(): The /e modifier is no longer supported, use preg_replace_callback instead
[phpBB Debug] PHP Warning: in file [ROOT]/includes/bbcode.php on line 113: preg_replace(): The /e modifier is no longer supported, use preg_replace_callback instead
Forum BBI • Sebut Merek : Ganggu Atau Perlu
Page 1 of 2

Sebut Merek : Ganggu Atau Perlu

Posted: Wed Mar 09, 2016 1:43 pm
by desty

Re: Sebut Merek : Ganggu Atau Perlu

Posted: Wed Mar 09, 2016 9:27 pm
by ItsIpin
Menurutku, itu sah-sah aja, tapi dalam dosis tertentu, kalau dosisnya kebanyakan malah jadi tukang iklan nanti :D :D :D

Re: Sebut Merek : Ganggu Atau Perlu

Posted: Thu Mar 10, 2016 8:28 am
by RenPuspita
Kalau yang model2 ala Ika Natassa sih malesin abis (padahal baca juga baru 1 judul :lol: ). Seolah dia mau menggambarkan elitenya orang Jakarte, tapi cuma pake jalan pintas yaitu langsung nyebut merek

Re: Sebut Merek : Ganggu Atau Perlu

Posted: Thu Mar 10, 2016 9:18 am
by richoiko
kalau saya sih setuju, nggak usah disebut merek-merek begitu. apalagi kalau ternyata merek yang disebut terasa sangat asing di mata saya, terlepas dari saya yang kudet atau memang bukan merek umum. bleh. hilang satu bintang rate nya huahahaha

Re: Sebut Merek : Ganggu Atau Perlu

Posted: Thu Mar 10, 2016 11:23 am
by kopilovie
Bener sih, sebenarnya mungkin sah-sah saja, tapi harusnya sesuai dosis dan kebutuhan. Kalau terlalu banyak, jadi aneh.

Aku sempat ngobrol dengan seorang teman mengenai topik ini tempo hari. Aku cerita bahwa editorku pernah nge-cut label 'KFC' dari dalam novel yang aku tulis, kemudian menggantinya dengan 'Resto ayam goreng cepat saji'. Si teman bilang, ada hal-hal yang merknya kadang nggak bisa disamarkan atau diganti. Misalnya 'Indomie' jadi aneh kalau ditulis 'mie instan'. Kebacanya jadi kaku aja, padahal ketika membicarakan mie instan semua orang akan langsung terpikir ke Indomie meski kenyataannya ada banyak merk mie lainnya.

Dan mungkin juga, anjuran untuk tidak menyebut merk di beberapa editor bertujuan menghindari buzz label orang secara tidak langsung. :lol: entahlah. Cuma untuk genre metropop sendiri, kayaknya iya sih, merk tas dan sejenisnya seringkali disinggung demi penggambaran kehidupan elit tokohnya. :cry:

Re: Sebut Merek : Ganggu Atau Perlu

Posted: Fri Mar 11, 2016 12:47 pm
by desty
Dulu yang nyebut2 merek gitu identik dengan metropop.
Sekarang hampir semua genre nyebutin merek ya

Re: Sebut Merek : Ganggu Atau Perlu

Posted: Fri Mar 11, 2016 7:04 pm
by NinaRidyananda
ConRom yang kubaca sering sih sebut merk, tapi biasanya merk yang standar-standar aja dan sesuai dengan ceritanya, jadi gak melulu yang mewah-mewah. Menurutku kalo masih dalam ukuran standar (gak dikit-dikit sebut merk), gak mengganggu juga sebut merknya :D

Re: Sebut Merek : Ganggu Atau Perlu

Posted: Sat Mar 12, 2016 4:53 pm
by Nurina Widiani
Aku lebih senang yang deskripsinya lebih ke detail indrawi, sih. Karena gampang dibayangin. Kalau nyebut merk, kadang malah harus googling dulu baru tahu gambarannya kayak gimana :lol:
Maklum gak kekinian soal merk..

*mulai beli majalah fashion*

Re: Sebut Merek : Ganggu Atau Perlu

Posted: Sat Mar 12, 2016 10:16 pm
by Putri Utama
Kalau masih 1 atau 2 merek sih aku masih nyaman membacanya. Tapi kalau udah dikit-dikit nyebut merek, ini mau bikin cerita atau jualan yak? #eh

Re: Sebut Merek : Ganggu Atau Perlu

Posted: Sat Mar 12, 2016 10:17 pm
by Putri Utama