Sebut Merek : Ganggu Atau Perlu

Kliping yang berkaitan dengan berita dunia buku dan literasi
User avatar
desty
Posts: 20
Joined: Tue Jan 26, 2016 10:24 pm
ID BBI: 1301001

Sebut Merek : Ganggu Atau Perlu

Postby desty » Wed Mar 09, 2016 1:43 pm

Desty
#1301001
http://destybacabuku.wordpress.com
Goodreads : https://www.goodreads.com/destinugrainy
ItsIpin
Posts: 30
Joined: Wed Jan 27, 2016 8:09 pm
Location: Serang
ID BBI: 1505298

Re: Sebut Merek : Ganggu Atau Perlu

Postby ItsIpin » Wed Mar 09, 2016 9:27 pm

Menurutku, itu sah-sah aja, tapi dalam dosis tertentu, kalau dosisnya kebanyakan malah jadi tukang iklan nanti :D :D :D
Empuya
User avatar
RenPuspita
Pecandu Buku
Posts: 245
Joined: Tue Jan 26, 2016 8:55 am
Location: In your dream
ID BBI: 1301008

Re: Sebut Merek : Ganggu Atau Perlu

Postby RenPuspita » Thu Mar 10, 2016 8:28 am

Kalau yang model2 ala Ika Natassa sih malesin abis (padahal baca juga baru 1 judul :lol: ). Seolah dia mau menggambarkan elitenya orang Jakarte, tapi cuma pake jalan pintas yaitu langsung nyebut merek
Ren Puspita
Divisi Keanggotaan BBI
| |

User avatar
richoiko
Penimbun Buku
Posts: 98
Joined: Fri Jan 22, 2016 3:30 pm
Location: Blitar
ID BBI: 1410260

Re: Sebut Merek : Ganggu Atau Perlu

Postby richoiko » Thu Mar 10, 2016 9:18 am

kalau saya sih setuju, nggak usah disebut merek-merek begitu. apalagi kalau ternyata merek yang disebut terasa sangat asing di mata saya, terlepas dari saya yang kudet atau memang bukan merek umum. bleh. hilang satu bintang rate nya huahahaha
User avatar
kopilovie
Pecandu Buku
Posts: 213
Joined: Thu Jan 21, 2016 9:38 am
Location: Jakarta
ID BBI: 1306145

Re: Sebut Merek : Ganggu Atau Perlu

Postby kopilovie » Thu Mar 10, 2016 11:23 am

Bener sih, sebenarnya mungkin sah-sah saja, tapi harusnya sesuai dosis dan kebutuhan. Kalau terlalu banyak, jadi aneh.

Aku sempat ngobrol dengan seorang teman mengenai topik ini tempo hari. Aku cerita bahwa editorku pernah nge-cut label 'KFC' dari dalam novel yang aku tulis, kemudian menggantinya dengan 'Resto ayam goreng cepat saji'. Si teman bilang, ada hal-hal yang merknya kadang nggak bisa disamarkan atau diganti. Misalnya 'Indomie' jadi aneh kalau ditulis 'mie instan'. Kebacanya jadi kaku aja, padahal ketika membicarakan mie instan semua orang akan langsung terpikir ke Indomie meski kenyataannya ada banyak merk mie lainnya.

Dan mungkin juga, anjuran untuk tidak menyebut merk di beberapa editor bertujuan menghindari buzz label orang secara tidak langsung. :lol: entahlah. Cuma untuk genre metropop sendiri, kayaknya iya sih, merk tas dan sejenisnya seringkali disinggung demi penggambaran kehidupan elit tokohnya. :cry:
Petronela Putri
Divisi Event BBI
http://bukunyamput.wordpress.com

“God is dead. God remains dead. And we have killed Him. How shall we comfort ourselves, the murderers of all murderers?" - Friedrich Nietzsche
User avatar
desty
Posts: 20
Joined: Tue Jan 26, 2016 10:24 pm
ID BBI: 1301001

Re: Sebut Merek : Ganggu Atau Perlu

Postby desty » Fri Mar 11, 2016 12:47 pm

Dulu yang nyebut2 merek gitu identik dengan metropop.
Sekarang hampir semua genre nyebutin merek ya
Desty
#1301001
http://destybacabuku.wordpress.com
Goodreads : https://www.goodreads.com/destinugrainy
User avatar
NinaRidyananda
Pecandu Buku
Posts: 289
Joined: Sun Jan 17, 2016 9:20 pm
Location: Surabaya
ID BBI: 1301065

Re: Sebut Merek : Ganggu Atau Perlu

Postby NinaRidyananda » Fri Mar 11, 2016 7:04 pm

ConRom yang kubaca sering sih sebut merk, tapi biasanya merk yang standar-standar aja dan sesuai dengan ceritanya, jadi gak melulu yang mewah-mewah. Menurutku kalo masih dalam ukuran standar (gak dikit-dikit sebut merk), gak mengganggu juga sebut merknya :D
Nurina Widiani
Posts: 13
Joined: Wed Jan 27, 2016 3:37 am
ID BBI: 1510312

Re: Sebut Merek : Ganggu Atau Perlu

Postby Nurina Widiani » Sat Mar 12, 2016 4:53 pm

Aku lebih senang yang deskripsinya lebih ke detail indrawi, sih. Karena gampang dibayangin. Kalau nyebut merk, kadang malah harus googling dulu baru tahu gambarannya kayak gimana :lol:
Maklum gak kekinian soal merk..

*mulai beli majalah fashion*
Nurina Widiani
BBI 1510312
http://kendengpanali.blogspot.co.id
User avatar
Putri Utama
Posts: 22
Joined: Tue Jan 26, 2016 1:55 pm
Location: Medan
ID BBI: 1301028

Re: Sebut Merek : Ganggu Atau Perlu

Postby Putri Utama » Sat Mar 12, 2016 10:16 pm

Kalau masih 1 atau 2 merek sih aku masih nyaman membacanya. Tapi kalau udah dikit-dikit nyebut merek, ini mau bikin cerita atau jualan yak? #eh
Putri aka. Uthie
BBI #1301028


Whatever you do, good or bad, people will always have something negative to say about you...
User avatar
Putri Utama
Posts: 22
Joined: Tue Jan 26, 2016 1:55 pm
Location: Medan
ID BBI: 1301028

Re: Sebut Merek : Ganggu Atau Perlu

Postby Putri Utama » Sat Mar 12, 2016 10:17 pm

Putri aka. Uthie
BBI #1301028


Whatever you do, good or bad, people will always have something negative to say about you...

Return to “Kliping Buku”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest