Jenis buku NonFi mana yang kamu suka?

User avatar
Mulya Saadi
Posts: 23
Joined: Thu Jan 28, 2016 11:27 am
ID BBI: 1503290

Jenis buku NonFi mana yang kamu suka?

Postby Mulya Saadi » Tue Feb 02, 2016 11:11 am

Buku Non Fiksi--selainjutnya disingkat NonFi--seringkali bukan menjadi jenis buku yang difavoritkan. Saya cukup kesulitan menemukan member BBI lain yang begitu menggandrungi karya-karya NonFi. Saya termasuk penggemar buku NonFi, alasannya sederhana, karena saya membutuhkan informasi. Informasi yang akan berguna dalam menjawab soal ujian, menjawab rasa penasaran, menjawab persoalan "hukum", untuk wawasan, memperbaiki diri atau refleksi.

Seperti buku Fiksi, buku NonFi pun beragam. Dari semua jenis yang ada, mungkin kita memiliki kesamaan kesukaan. Kalau saya suka buku NonFi dari jenis :
1. Ensiklopedia, terutama tentang binatang.
2. Esai Sastra, karena menarik mengetahui perkembangan sastra di Indonesia meski sebenarnya kurang suka baca novel :D
3. Kritik Sastra, tertarik dengan seluk beluk mengkritik sastra saja.
4. Sejarah, untuk mengetahui peristiwa masa lalu sebagai refleksi apa yang sudah terjadi sekarang
5. Filsafat, tapi lebih ke jenis buku Islam. Bisa buku tentang pemikiran filsafat tokoh atau tasawuf
6. Panduan, karena membantu menyelesaikan masalah teknis
7. Semua jenis buku Islam dari kode 2 x 0 hingga 2 x 9 (Dewey Decimal Code)

Nah...itulah buku NonFi yang saya suka dan cenderung lebih sering berdekat dirinya dengannya. Kalau kamu apa?
https://mulyasaadi.wordpress.com/
#BBI 1503290
Facebook : Mulya Saadi
Image
User avatar
evytaar
Kutu Buku
Posts: 108
Joined: Wed Jan 20, 2016 6:41 pm
ID BBI: 1304123

Re: Jenis buku NonFi mana yang kamu suka?

Postby evytaar » Tue Feb 02, 2016 11:36 am

saya termasuk salah satu yang suka NonFi juga. jenis yang paling saya suka:

1. Semua jenis buku Islam
2. Sejarah (termasuk sejarah kontemporer)
3. Ensiklopedi
4. Pemikiran
5. manajemen (lebih ke yang seperti buku-bukunya Stephen R.Covey, Spencer Johnson, dsb)

selebihnya jenis yang disukai tapi tidak terlalu ngotot (sekedar aja): inspirasional dan motivasi

berarti ada 3 jenis kita yang sama yaaa hehe
Evyta Ar
Divisi Website - BBI 1304123 - www.lensabuku.com
User avatar
helvry
Pecandu Buku
Posts: 200
Joined: Sun Jan 17, 2016 10:22 pm
Location: Bandung
ID BBI: 1301041

Re: Jenis buku NonFi mana yang kamu suka?

Postby helvry » Tue Feb 02, 2016 11:37 am

Mulya Saadi wrote:

Nah...itulah buku NonFi yang saya suka dan cenderung lebih sering berdekat dirinya dengannya. Kalau kamu apa?


Berhubung kemarin baru dari acara pesta buku di Bandung (masih sampai tanggal 4 Februari 2016), ada dua buku nonfiksi yang saya beli:
1. Bobos in Paradise, Surga Para Borjuis Bohemian karya David Brooks
2. Perbudakan Seksual, Perbandingan Antara Masa Fasisme Jepang dan Neofasisme Orde Baru karya Anna Mariana, Penerbit Marjin Kiri
Helvry Sinaga | http://blogbukuhelvry.blogspot.co.id
Powered by Don't worry
User avatar
evytaar
Kutu Buku
Posts: 108
Joined: Wed Jan 20, 2016 6:41 pm
ID BBI: 1304123

Re: Jenis buku NonFi mana yang kamu suka?

Postby evytaar » Tue Feb 02, 2016 11:42 am

helvry wrote:
Berhubung kemarin baru dari acara pesta buku di Bandung (masih sampai tanggal 4 Februari 2016), ada dua buku nonfiksi yang saya beli:
1. Bobos in Paradise, Surga Para Borjuis Bohemian karya David Brooks
2. Perbudakan Seksual, Perbandingan Antara Masa Fasisme Jepang dan Neofasisme Orde Baru karya Anna Mariana, Penerbit Marjin Kiri


penasaran sama Bobos in Paradise. itu buku lama kalo ga salah kan ya
Evyta Ar
Divisi Website - BBI 1304123 - www.lensabuku.com
User avatar
Sinta_Nisfuanna
Posts: 20
Joined: Mon Feb 01, 2016 12:51 pm
ID BBI: 1301050

Re: Jenis buku NonFi mana yang kamu suka?

Postby Sinta_Nisfuanna » Tue Feb 02, 2016 1:49 pm

Sejauh ini non fiksi yang dibaca, kebanyakan religi, sejarah, dan parenting *maklum emak2*

Baru aja selesai baca Habis Gelap Terbitlah Move On-nya J. Sumardianta, bikin penasaran sama Guru Gokil Murid Unyu
User avatar
helvry
Pecandu Buku
Posts: 200
Joined: Sun Jan 17, 2016 10:22 pm
Location: Bandung
ID BBI: 1301041

Re: Jenis buku NonFi mana yang kamu suka?

Postby helvry » Tue Feb 02, 2016 3:46 pm

evytaar wrote:
helvry wrote:
Berhubung kemarin baru dari acara pesta buku di Bandung (masih sampai tanggal 4 Februari 2016), ada dua buku nonfiksi yang saya beli:
1. Bobos in Paradise, Surga Para Borjuis Bohemian karya David Brooks
2. Perbudakan Seksual, Perbandingan Antara Masa Fasisme Jepang dan Neofasisme Orde Baru karya Anna Mariana, Penerbit Marjin Kiri


penasaran sama Bobos in Paradise. itu buku lama kalo ga salah kan ya


cetakan tahun 2000, penerbit Ikon Teralitera, Yogyakarta
Helvry Sinaga | http://blogbukuhelvry.blogspot.co.id
Powered by Don't worry
User avatar
bzee
Posts: 29
Joined: Tue Jan 26, 2016 11:43 am
ID BBI: 1301044

Re: Jenis buku NonFi mana yang kamu suka?

Postby bzee » Wed Feb 03, 2016 3:27 pm

Aku suka baca tentang teori2 sastra, ya walaupun tarafnya masih awam sih. Suka buku sains populer, terutama yg menyangkut astronomi, balas dendam dari cita2 yg terkubur (ceritanya dulu pingin banget jadi astronot, hahaha). Sama buku medis populer juga suka, terutama pengalaman kasus para dokter spesialis, itung2 belajar dari nontextbook :p
Biografi atau memoir biasanya pilih2 yg berhubungan dengan 3 bidang di atas, atau siapapun yg menurutku menarik.
casualbookreader
Posts: 37
Joined: Wed Jan 27, 2016 8:09 am
ID BBI: 1405203

Re: Jenis buku NonFi mana yang kamu suka?

Postby casualbookreader » Thu Feb 04, 2016 1:29 pm

Jaraaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaang banget baca non fiksi. Tapi (nampaknya) punya ketertarikan sama sejarah Indonesia. Baru saja "merampok" beberapa non fiksi yang favorit saya adalah bukuny Snouck Hurgronje (belum dibaca sih) (ini niatnya pamer sih)
User avatar
Mulya Saadi
Posts: 23
Joined: Thu Jan 28, 2016 11:27 am
ID BBI: 1503290

Re: Jenis buku NonFi mana yang kamu suka?

Postby Mulya Saadi » Fri Feb 05, 2016 9:50 am

evytaar wrote:saya termasuk salah satu yang suka NonFi juga. jenis yang paling saya suka:

1. Semua jenis buku Islam
2. Sejarah (termasuk sejarah kontemporer)
3. Ensiklopedi
4. Pemikiran
5. manajemen (lebih ke yang seperti buku-bukunya Stephen R.Covey, Spencer Johnson, dsb)

selebihnya jenis yang disukai tapi tidak terlalu ngotot (sekedar aja): inspirasional dan motivasi

berarti ada 3 jenis kita yang sama yaaa hehe


Waayy...di tahun ini saya memang paling nunggu-nunggu RC NonFi (yang paling dibuat sama) mbak Evyta. Ehh...ternyata ada RC lebih menarik lagi yaitu tentang buku terjemahan Islam. Ini seolah gue banget he he

Tahu ada orang yang suka NonFi rasanya pengen kepoin rak bukunya *tongue
https://mulyasaadi.wordpress.com/
#BBI 1503290
Facebook : Mulya Saadi
Image
User avatar
Mulya Saadi
Posts: 23
Joined: Thu Jan 28, 2016 11:27 am
ID BBI: 1503290

Re: Jenis buku NonFi mana yang kamu suka?

Postby Mulya Saadi » Fri Feb 05, 2016 9:51 am

helvry wrote:
Mulya Saadi wrote:

Nah...itulah buku NonFi yang saya suka dan cenderung lebih sering berdekat dirinya dengannya. Kalau kamu apa?


Berhubung kemarin baru dari acara pesta buku di Bandung (masih sampai tanggal 4 Februari 2016), ada dua buku nonfiksi yang saya beli:
1. Bobos in Paradise, Surga Para Borjuis Bohemian karya David Brooks
2. Perbudakan Seksual, Perbandingan Antara Masa Fasisme Jepang dan Neofasisme Orde Baru karya Anna Mariana, Penerbit Marjin Kiri


Kece. Bukunya kece *jempol
Butuh motivasi besar untuk membaca buku sejarah karena biasanya (kalau saya sih ini mah) sering diikuti oleh rasa penasaran berkelanjutan sehingga menilik buku-buku bertema serupa dari penulis lain juga. Hanya sekedar mengetahui perspektif he
https://mulyasaadi.wordpress.com/
#BBI 1503290
Facebook : Mulya Saadi
Image

Return to “Non Fiksi”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest