Rekomendasi Klasik untuk Pemula

User avatar
bzee
Posts: 29
Joined: Tue Jan 26, 2016 11:43 am
ID BBI: 1301044

Rekomendasi Klasik untuk Pemula

Postby bzee » Sun Feb 21, 2016 3:44 pm

Buku klasik adalah jenis buku yang tak usang oleh zaman, karena meski ditulis di masa lampau, pesan universal yang disampaikannya tidak berubah, dan justru semakin kaya dengan interpretasi baru. Oleh karena sudah teruji oleh waktu, maka banyak literatur klasik tidak bisa digantikan posisinya oleh karya-karya yang lebih modern. Buku klasik adalah saksi hidup akan kehidupan dan kebudayaan manusia di masa lalu. Tidak pernah ada kata terlambat untuk membaca buku klasik. Bagi yang ingin membaca buku klasik, tapi bingung harus memulai dari mana, ada beberapa rekomendasi dari saya:

1. Cari genre yang disukai.
Mencari buku klasik dari genre yang disukai ibaratnya mencari 'nenek moyang' dari buku favorit kita sekarang. Tentunya para penulis, sadar tidak sadar, langsung atau tidak langsung, terinspirasi dari karya-karya klasik. Oleh karenanya, ini bisa menjadi awal yang menantang.

Untuk penyuka romance, misalnya, karya-karya Jane Austen (Pride and Prejudice, Sense and Sensibility, Emma, dll) mungkin bisa jadi permulaan yang menarik. Saya pribadi baru membaca Pride and Prejudice dan tidak terlalu suka karena pada dasarnya saya kurang menikmati genre romance, tapi buku ini memang sangat populer di antara para pembaca klasik garis keras sampai pada pemula. Jane Eyre karya Charlotte Brontë juga termasuk yang sering direkomendasikan, meski nuansanya lebih 'gelap' dibanding Austen yang relatif menyenangkan.

2. Klasik untuk pembaca muda.
Yang sering ditakutkan dari klasik adalah bahasa yang bertele-tele, penuh dengan simbol dan kiasan yang sudah tidak lazim digunakan saat ini. Oleh karena itu, kita bisa memulai dari buku yang ditujukan untuk pembaca muda. Selain konfliknya relatif sederhana, bahasa yang digunakan juga relatif lebih mudah diikuti.

Beberapa contohnya adalah Little Women (Louisa May Alcott), Anne of Green Gables (Lucy Maud Montgomery, The Secret Garden (Frances Hodgson Burnett), The Adventures of Tom Sawyer (Mark Twain, The Wonderful Wizard of Oz (L. Frank Baum), The Hobbit (J.R.R. Tolkien), dll. Rekomendasi tidak terbatas pada judul itu, tetapi termasuk buku lain dari penulis yang sama.

3. Mulai dari klasik yang lebih modern.
Definisi klasik modern mungkin bisa menjadi artikel tersendiri. Secara singkat, klasik modern ditandai dengan tahun terbit yang relatif tidak terlalu jauh dari masa sekarang. Dengan begitu, gaya bahasa yang digunakan juga lebih dekat dengan yang kita pergunakan saat ini.

Beberapa contohnya seperti To Kill a Mockingbird (Harper Lee), karya-karya Roald Dahl, karya-karya Lois Lowry, The Stranger (Albert Camus), Fahrenheit 451 (Ray Bradbury), dsb.

Adakah yang punya rekomendasi lain untuk pembaca klasik pemula?
Atau ada yang pernah punya pengalaman menarik saat pertama kali membaca klasik? Buku apa yang dibaca dan bagaimana kesannya? Apakah jadi penasaran atau justru kapok?

Terima kasih.
User avatar
melmarian
Posts: 37
Joined: Wed Jan 27, 2016 8:46 am
ID BBI: 1301021

Re: Rekomendasi Klasik untuk Pemula

Postby melmarian » Wed Feb 24, 2016 9:51 am

Yang suka misteri/detektif, bisa mulai dari buku-buku Agatha Christie atau Sherlock Holmes-nya Conan Doyle, dua-duanya populer banget dan karena kepopulerannya sering dilupakan kalau termasuk klasik juga :D Untuk genre horor baca karya-karya Edgar Allan Poe, The Strange Case of Dr. Jekyll & Mr. Hyde - Robert Louis Stevenson.

Overall aku setuju sih sama judul-judul yang dikasih Bzee, tapi dua ini menurutku "agak berat" untuk pemula:
1. Jane Eyre - Charlotte Bronte. Walaupun aku cinta berat sama buku ini, tapi buku ini bukan pilihan yang tepat untuk 'memulai' baca buku klasik. Karena (seperti umumnya buku-buku Victorian lit) buku ini ditulis dengan gaya bahasa panjang dan mendetail dan paruh pertama relatif membosankan. Selain itu cukup tebal juga. Saranku mulai dari yang tipis-tipis aja dan biasakan diri dengan gaya nulis a la Victoria yang panjang-panjang sebelum baca buku ini. Saran aja sih kalau emang pengen baca ya silakan ;)
2. Fahrenheit 451 - Ray Bradbury. Bukunya tipis tapi cukup memusingkan, hahaha. Apa karena dulu aku bacanya yang Inggris jadi pusing ya?

Kalau judul-judul yang aku rekomen banget untuk pembaca klasik pemula:
1. Little Women
2. The Secret Garden, A Little Princess (F. Hodgson Burnett)
3. To Kill a Mockingbird
4. The Hobbit

Lalu satu hal lagi tentang membaca klasik: kamu bisa memilih mau membaca terjemahan atau versi bahasa Inggris. Khusus klasik terjemahan, Baca Klasik punya katalog buku klasik terjemahan dari berbagai penerbit di Indonesia di sini: https://bacaklasik.wordpress.com/katalo ... erjemahan/ tapi maaf kurang update karena miminnya sibuk :D
melmarian - BBI #1301021
http://surgabukuku.com/
truly
Posts: 18
Joined: Tue Jan 26, 2016 9:29 am
ID BBI: 1301038

Re: Rekomendasi Klasik untuk Pemula

Postby truly » Tue Mar 29, 2016 7:01 am

Buat yang butuh ebook Little Women nanti aku kirim ya.
Tersedia dalam berbagai versi bahasa wkwkwk
User avatar
NinaRidyananda
Pecandu Buku
Posts: 289
Joined: Sun Jan 17, 2016 9:20 pm
Location: Surabaya
ID BBI: 1301065

Re: Rekomendasi Klasik untuk Pemula

Postby NinaRidyananda » Fri Apr 01, 2016 5:00 pm

Hampir semua belum pernah baca kecuali Pride & Prejudice yg jujur aja bikin siwer (karena bacanya English dan aku dulu belum terlalu oke bahasa inggrisnya). Tom Sawyer sama Huckleberry Finn juga udah pernah baca.

Thanks to Mbak Mel, aku dapet A Tale of Two Cities yg bahasa Indo :D semoga aja sih kalo pake bahasa Indo, aku lebih nyaman bacanya.

Rekomendasinya boleh nih dicatet :lol:
Udah lama pengen merambah klasik
Nina Ridyananda of #1301065
Div. Event BBI | The Bookaddict Diaries | Twitter | Goodreads

If you only read the books that everyone else is reading, you can only think what everyone else is thinking.
–Haruki Murakami-
User avatar
evytaar
Kutu Buku
Posts: 108
Joined: Wed Jan 20, 2016 6:41 pm
ID BBI: 1304123

Re: Rekomendasi Klasik untuk Pemula

Postby evytaar » Sat Apr 02, 2016 4:48 pm

melmarian wrote:2. Fahrenheit 451 - Ray Bradbury. Bukunya tipis tapi cukup memusingkan, hahaha. Apa karena dulu aku bacanya yang Inggris jadi pusing ya?



saya baca yang edisi terjemahannya sih, gak pusing, cuma memang ada bagian yang gaya penulisannya unik, diulang-ulang gitu unik. nyastra gitulah haha. buku ini benar-benar keren menurut saya. sudah dapat yang edisi bahasa Inggris tapi belum dibaca. jadi pingin coba baca yang bahasa Inggris, bagaimana gaya penulisan aslinya ya. semoga diriku gak ikut pusing :D
Evyta Ar
Divisi Website - BBI 1304123 - www.lensabuku.com

Return to “Klasik”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest