Historical Fiction Indonesia

User avatar
marsh113
Penimbun Buku
Posts: 52
Joined: Sun Jan 17, 2016 9:06 pm
ID BBI: 1301024

Historical Fiction Indonesia

Postby marsh113 » Wed Feb 03, 2016 2:58 pm





Halo teman-teman BBI!!! Adakah di sini yang menyukai buku-buku hisfic berlatar Indonesia? Aku suka beberapa, tapi masih yang ringan-ringan aja sih. Beberapa novel hisfic favoritku:

1. Rindu yang Membawamu Pulang - Ario Sasongko
Bercerita tentang cinta laki-laki pribumi dan perempuan tionghoa dengan latar Kongres Pemuda.
Romantis, suasananya dapet banget, dengan balutan sejarah yang kental dan pemikiran-pemikiran yang dalam.

2. Serial De Winst - Afifah Afra (De Winst, De Liefde, Da Conspiracao, seri ke-4 belum terbit)
Ini juga bagus, tentang dua orang keluarga ningrat Jawa yang berjuang untuk kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajah Belanda. Banyak intriknya. Nungguin buku keempatnya keluar deeeh!!!

3. Kei - Erni Aladjai
Berlatar kerusuhan 1998 di kepulauan Kei.

4. Pulang - Leila S. Chudori
Tentang Dimas Suryo, eksil politik yang nyangsang di Paris setelah G30SPKI meledak di Indonesia, dan perjalanan Lintang, putrinya, yang kembali ke Indonesia bertahun-tahun kemudian.

Tentu masih banyak lagi novel-novel historical fiction Indonesia. Ada yang mau berbagi buku-buku favoritnya?
Dan mungkin, kalo udah ketemu sesama pencinta buku hisfic Indo, kita bisa sama-sama bikin baca bareng dsb..
M A R T I N A S U G O N D O
DIVISI EVENT BBI
BBI 1301024
User avatar
bzee
Posts: 29
Joined: Tue Jan 26, 2016 11:43 am
ID BBI: 1301044

Re: Historical Fiction Indonesia

Postby bzee » Wed Feb 03, 2016 3:33 pm

Aku suka Bumi Manusia nya Pram, tapi belum baca lanjutannya. Jarang baca buku Indonesia nih, pe-er pribadi (udah nimbun ceritanya, haha)
User avatar
helvry
Pecandu Buku
Posts: 200
Joined: Sun Jan 17, 2016 10:22 pm
Location: Bandung
ID BBI: 1301041

Re: Historical Fiction Indonesia

Postby helvry » Thu Feb 04, 2016 12:12 am

Yang bikin aku suka sama sejarah Indonesia adalah novel "Rahasia Meede" oleh ES Ito.
Asli mantap.
agak susah nyari buku itu sekarang
Helvry Sinaga |
Powered by Don't worry
User avatar
CynthiaD
Posts: 7
Joined: Wed Jan 27, 2016 8:12 am
ID BBI: 1310181

Re: Historical Fiction Indonesia

Postby CynthiaD » Thu Feb 04, 2016 12:12 pm

aku baru saja selesai baca Sang Juragan Teh - Hella S. Haasse

ceritanya tentang keluarga besar Belanda yang menjadi kontraktor dan administrator kebun-kebun teh, kopi dan kina di daerah priangan jawa barat di sekitar akhir 1800-an dan awal 1900an. menariknya, dalam cerita ini, banyak muncul pandangan politik dan budaya orang Belanda terhadap orang-orang pribumi dan tanah 'Hindia Belanda', baik dari sudut pandang yang mendukung maupun yang menganggap orang-orang pribumi ini hanyalah 'orang terkebelakang dan tak berbudaya'. jadi seperti melihat indonesia jaman doeloe, tp dari mata sang penjajah :D
Cindy #1310181
readbetweenpages.blogspot.co.id
User avatar
Mulya Saadi
Posts: 23
Joined: Thu Jan 28, 2016 11:27 am
ID BBI: 1503290

Re: Historical Fiction Indonesia

Postby Mulya Saadi » Fri Feb 05, 2016 10:01 am

https://mulyasaadi.wordpress.com/
#BBI 1503290
Facebook : Mulya Saadi
User avatar
mahdiyanti
Posts: 22
Joined: Wed Jan 27, 2016 9:15 am
ID BBI: 1308173

Re: Historical Fiction Indonesia

Postby mahdiyanti » Fri Feb 05, 2016 4:00 pm

Hanifah Mahdiyanti (HANI)
BBI 1308173
User avatar
marsh113
Penimbun Buku
Posts: 52
Joined: Sun Jan 17, 2016 9:06 pm
ID BBI: 1301024

Re: Historical Fiction Indonesia

Postby marsh113 » Fri Feb 05, 2016 9:11 pm

M A R T I N A S U G O N D O
DIVISI EVENT BBI
BBI 1301024
User avatar
Sinta_Nisfuanna
Posts: 20
Joined: Mon Feb 01, 2016 12:51 pm
ID BBI: 1301050

Re: Historical Fiction Indonesia

Postby Sinta_Nisfuanna » Fri Feb 05, 2016 10:23 pm

Terakhir baca Surga Retak, agak ada mistis2nya sih, tapi lumayan untuk tambahan wawasan sejarah Tanah Deli ;)
User avatar
helvry
Pecandu Buku
Posts: 200
Joined: Sun Jan 17, 2016 10:22 pm
Location: Bandung
ID BBI: 1301041

Re: Historical Fiction Indonesia

Postby helvry » Sun Feb 07, 2016 11:47 pm

Helvry Sinaga |
Powered by Don't worry
User avatar
Sinta_Nisfuanna
Posts: 20
Joined: Mon Feb 01, 2016 12:51 pm
ID BBI: 1301050

Re: Historical Fiction Indonesia

Postby Sinta_Nisfuanna » Mon Feb 08, 2016 10:17 am


Return to “Fiksi Sejarah”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest