Scientific Aspect dalam Novel Sci-fi

User avatar
erdeaka
Posts: 23
Joined: Sun Jan 31, 2016 11:17 am
ID BBI: 1302097

Scientific Aspect dalam Novel Sci-fi

Postby erdeaka » Fri Feb 12, 2016 8:43 am

Halo...halo... Bisa dibilang saya nyasar ya di sini hehehe, coz fantasi/sci-fi bukan genre favorit saya. Tapi saya kepikiran aja nih. Menurut kalian para pecinta genre ini, penting ga sih aspek scientific yang mendetail dalam cerita. Misal ceritanya ada mesin waktu ato mesin apa kek, penting ga sih dijabarin penggambaran detail tentang mesin itu? Ato disebutin aja udah memuaskan?
Ratih Dwi | BBI 1302097

Twitter: @erdeaka
Blog:
Goodreads:
Flickr:
User avatar
Danieldian
Posts: 4
Joined: Tue Feb 02, 2016 10:43 am
ID BBI: 1510322

Re: Scientific Aspect dalam Novel Sci-fi

Postby Danieldian » Fri Feb 12, 2016 10:16 am

Penting dong menurut saya, kalau misalnya enggak ada aspek sains-nya, kenapa mesti disebut sains fiksi. Slice of life dong jatuhnya.

Itu yang menurut saya bikin sains fiksi menarik, karena selain enggak hanya bikin cerita futuristik dengan teknologi yang keren dan nama yang susah, penulis juga memikirkan apakah teknologi yang dipakai itu memenuhi aspek-aspek sains atau enggak dan plausible untuk dibuat atau enggak. Aspek-aspek sainsnya enggak perlu yang ribet, misal apakah teknologi yang dia buat itu memenuhi hukum termodinamika atau sebagainya. :lol:
User avatar
erdeaka
Posts: 23
Joined: Sun Jan 31, 2016 11:17 am
ID BBI: 1302097

Re: Scientific Aspect dalam Novel Sci-fi

Postby erdeaka » Fri Feb 12, 2016 11:47 am

Ratih Dwi | BBI 1302097

Twitter: @erdeaka
Blog:
Goodreads:
Flickr:
User avatar
Danieldian
Posts: 4
Joined: Tue Feb 02, 2016 10:43 am
ID BBI: 1510322

Re: Scientific Aspect dalam Novel Sci-fi

Postby Danieldian » Mon Feb 15, 2016 8:27 am

User avatar
RenPuspita
Pecandu Buku
Posts: 245
Joined: Tue Jan 26, 2016 8:55 am
Location: In your dream
ID BBI: 1301008

Re: Scientific Aspect dalam Novel Sci-fi

Postby RenPuspita » Mon Feb 15, 2016 9:28 am

Menurutku detailnya penting untuk dijabarkan, selama tidak jatuhnya jadi info dumping :ugeek: . Makanya bacanya mesti pelan - pelan kalau science fiction, kalau fantasy sih, masih bisa dimengerti (tapi tetep mesti baca pelan :lol: )
Ren Puspita
Divisi Keanggotaan BBI
| |

User avatar
alvina
Posts: 45
Joined: Tue Jan 26, 2016 8:14 am
ID BBI: 1301022

Re: Scientific Aspect dalam Novel Sci-fi

Postby alvina » Tue Feb 16, 2016 9:08 pm

Alvina Ayuningtyas
Tukang tagih di danus BBI - 1301022
User avatar
NinaRidyananda
Pecandu Buku
Posts: 289
Joined: Sun Jan 17, 2016 9:20 pm
Location: Surabaya
ID BBI: 1301065

Re: Scientific Aspect dalam Novel Sci-fi

Postby NinaRidyananda » Wed Feb 17, 2016 9:23 pm

Penting sih, IMHO, kalo buat SciFi. Asalkan detailnya gak jadi penghambat cerita gitu aja. Atau kalo penulis terlalu fokus pada detail, tapi storyline nya berantakan. Malah jangan

Apalagi karena bakalan kepikiran, "ini jadinya kok gini?". Kalo gak masuk akal, kan jadinya susah menelan cerita itu karena rasanya ngeganjel. Apalagi kalo misalnya tau dikit2 soal topik sains yg masuk di buku tsb, makin gak masuk akalmalah jadi gak puas sama ceritanya
User avatar
erdeaka
Posts: 23
Joined: Sun Jan 31, 2016 11:17 am
ID BBI: 1302097

Re: Scientific Aspect dalam Novel Sci-fi

Postby erdeaka » Fri Feb 19, 2016 5:44 am

Jadi intinya, detail itu perlu tapi ga yang terlalu banyak/ribet. Bisa dibilang detailnya secukupnya aja (kayak bumbu ya :lol:). Dan kalo bisa menyatu ma ceritanya, begitukah? Contohnya yang bagus apa nih yang pernah kalian baca?
Ratih Dwi | BBI 1302097

Twitter: @erdeaka
Blog:
Goodreads:
Flickr:
User avatar
wardah
Posts: 38
Joined: Thu Jan 28, 2016 8:19 pm
ID BBI: 1502274

Re: Scientific Aspect dalam Novel Sci-fi

Postby wardah » Sun Mar 06, 2016 11:42 am

Menurut saya sih penting. Yah sama kayak pendapat yang lain deh. #lah

Kalau ditanya judul, jujur masih belum nemu. Sebenarnya jarang baca sci-fic juga sih, lebih banyak YA atau (dulu) fantasi. Tapi, kalau baca novel sci-fic yang nggak sci-fic dan lebih ke supranatural sih saya pernah, itu lho Akar-nya Dee. Sampai-sampai saya nanya ini unsur sci-fic-nya di mana. Dan sampai sekarang masih belum paham.
BBI 1502274
| |

Return to “Distopia / Fantasi / Sci-Fi”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest