Page 2 of 3

Re: Valentine Quiz Pos 9

Posted: Mon Feb 15, 2016 10:27 am
by Muhajjah
Dulu, sebelum Negara Api menyerang, eh, Kira, anak pertama saya lahir, saya urut berdasar penulis.
Sekarang...., kebanyakan dikardusin biar aman. :D

Re: Valentine Quiz Pos 9

Posted: Mon Feb 15, 2016 2:11 pm
by diyahnur
Sesuai ukuran, ribet kalo harus nyusun via judul atau nama penulis, terus kalau penulisnya nulis beda genre masa bukunya kepisah, aku juga suka ngegabungin buku-buku dari penulis yang sama, biar kalo nyari gampang, meskipun ngga urut sih. Yang penting rapih diliatnya kalo satu baru itu halus gitu rata, ngga geradakan kayak jalanan abis banjir.

Re: Valentine Quiz Pos 9

Posted: Mon Feb 15, 2016 5:12 pm
by wardah
Tips supaya seluruh ruang di rak bisa teralokasi dengan maksimal:
1. Pisahkan semua buku sesuai tinggi.
2. Susunlah buku dengan tinggi yang sama dalam satu ruang, bebas mau berdasarkan penerbit atau penulis. Kalau saya sih dikategoriin per penerbit terus penulisnya. Menurut abjad paling enak, biar gampang nyarinya.
3. Isilah semua ruang dengan buku! Kalau disusun berdasarkan tinggi yang sama, ruang yang bakal sisa punya ukuran yang sama juga jadi bisa ditumpuk. Atau yah dimuat-muatinlah. :P
4. Kalau udah nggak muat, sediakan ruang di dekat rak buku dan tumpuklah bukumu dengan rapi, tentunya mengacu lagi pada tips poin 1.

XD

Re: Valentine Quiz Pos 9

Posted: Mon Feb 15, 2016 8:59 pm
by Fatiah
Nyusunnya sih sesuai ukuran, yang paling tinggi sampai paling pendek, jadi bisa ditumpuk lagi di atasnya, rak bukunya kecil soalnya.

Re: Valentine Quiz Pos 9

Posted: Mon Feb 15, 2016 11:20 pm
by sisca30
nyusunnya sesuai penerbit soalnya kalo dijajarin di rak buku lebih rapi karena ukurannya cenderung sama ^^ setelah itu baru menurut nama pengarang =)

Re: Valentine Quiz Pos 9

Posted: Tue Feb 16, 2016 8:34 am
by erdeaka
Timbunan? Mana punya aku timbunan? Aku kan cuma modal nyewa sama pinjem doang. Yah, emang kadang-kadang aku beli buku sih (kalo lagi punya duit) dan kebetulan belakangan ini sering menang GA, jadi aku emang punya beberapa buku di rumah, tapi BUKAN timbunan :lol:

Cara nyusunnya? Sesuai waktu kapan buku itu aku dapatkan, entah beli ato dapet dari GA/sumbangan teman.

Re: Valentine Quiz Pos 9

Posted: Tue Feb 16, 2016 8:39 am
by NinaRidyananda
Cara menyusun timbunan?

Cuma dipisahin antara buku yang sudah dibaca, buku yang akan segera dibaca, dan buku yang keliatannya bakal belum dibaca dalam waktu lama XD
Selain itu cuma dipisah antara terjemahan, lokal, dan impor. Penyusunannya berdasarkan author lalu series sih, karena impor sering berseri.

Udah gitu aja :) timbunanku gak sebanyak Mas Dion si Raja Timbunan haha. Paling sampai sekarang yang cuma ditimbun masih kurang dari 50 buku, sisanya pasti udah dibaca.

Re: Valentine Quiz Pos 9

Posted: Tue Feb 16, 2016 10:28 am
by Fitra Aulianty
Pertama diurutin sesuai penerbit dulu, soalnya tiap penerbit punya ciri khas ukuran dan model bukunya.
Terus baru diurutin berdasarkan warna

Re: Valentine Quiz Pos 9

Posted: Tue Feb 16, 2016 12:08 pm
by sylnamira
Susunan timbunan buku saya, berdasarkan mana yang masuk timbunan terlebih dahulu. Jadi, semacam orang antri di PLN, atau antri di apotik. Yang terbaru taruh di tumpukan paling atas. Nanti kalau mau baca, ambil yang tumpukan paling bawah. Soalnya kalau ambil yang atas duluan, sepertinya saya tidak adil sama buku yang sudah duluan di tumpukan. Kira-kira demikian.

Re: Valentine Quiz Pos 9

Posted: Tue Feb 16, 2016 12:30 pm
by phie
Ada rumusnya. Hahahhahaha..
1. Udah dibaca atau belum. Kalau udah dibaca masuk rak mana, kalau belum masuk rak mana.
2. Abis itu berdasarkan genre
3. Terus abjad nama penulis (nama depan)