Valentine Quiz Pos 9 : Cara Menyusun Buku

User avatar
Muhajjah
Posts: 13
Joined: Wed Jan 27, 2016 7:39 am
Location: Yogyakarta
ID BBI: 1505302

Re: Valentine Quiz Pos 9

Postby Muhajjah » Mon Feb 15, 2016 10:27 am

Dulu, sebelum Negara Api menyerang, eh, Kira, anak pertama saya lahir, saya urut berdasar penulis.
Sekarang...., kebanyakan dikardusin biar aman. :D
User avatar
diyahnur
Posts: 12
Joined: Wed Feb 03, 2016 3:24 pm
ID BBI: 1410259

Re: Valentine Quiz Pos 9

Postby diyahnur » Mon Feb 15, 2016 2:11 pm

Sesuai ukuran, ribet kalo harus nyusun via judul atau nama penulis, terus kalau penulisnya nulis beda genre masa bukunya kepisah, aku juga suka ngegabungin buku-buku dari penulis yang sama, biar kalo nyari gampang, meskipun ngga urut sih. Yang penting rapih diliatnya kalo satu baru itu halus gitu rata, ngga geradakan kayak jalanan abis banjir.
Image
User avatar
wardah
Posts: 38
Joined: Thu Jan 28, 2016 8:19 pm
ID BBI: 1502274

Re: Valentine Quiz Pos 9

Postby wardah » Mon Feb 15, 2016 5:12 pm

Tips supaya seluruh ruang di rak bisa teralokasi dengan maksimal:
1. Pisahkan semua buku sesuai tinggi.
2. Susunlah buku dengan tinggi yang sama dalam satu ruang, bebas mau berdasarkan penerbit atau penulis. Kalau saya sih dikategoriin per penerbit terus penulisnya. Menurut abjad paling enak, biar gampang nyarinya.
3. Isilah semua ruang dengan buku! Kalau disusun berdasarkan tinggi yang sama, ruang yang bakal sisa punya ukuran yang sama juga jadi bisa ditumpuk. Atau yah dimuat-muatinlah. :P
4. Kalau udah nggak muat, sediakan ruang di dekat rak buku dan tumpuklah bukumu dengan rapi, tentunya mengacu lagi pada tips poin 1.

XD
BBI 1502274
Blog | Twitter | Instagram
User avatar
Fatiah
Posts: 16
Joined: Tue Jan 26, 2016 10:28 pm
Location: Bogor
ID BBI: 1405214

Re: Valentine Quiz Pos 9

Postby Fatiah » Mon Feb 15, 2016 8:59 pm

Nyusunnya sih sesuai ukuran, yang paling tinggi sampai paling pendek, jadi bisa ditumpuk lagi di atasnya, rak bukunya kecil soalnya.
sisca30
Posts: 13
Joined: Tue Jan 26, 2016 11:09 pm
ID BBI: 1410261

Re: Valentine Quiz Pos 9

Postby sisca30 » Mon Feb 15, 2016 11:20 pm

nyusunnya sesuai penerbit soalnya kalo dijajarin di rak buku lebih rapi karena ukurannya cenderung sama ^^ setelah itu baru menurut nama pengarang =)
User avatar
erdeaka
Posts: 23
Joined: Sun Jan 31, 2016 11:17 am
ID BBI: 1302097

Re: Valentine Quiz Pos 9

Postby erdeaka » Tue Feb 16, 2016 8:34 am

Timbunan? Mana punya aku timbunan? Aku kan cuma modal nyewa sama pinjem doang. Yah, emang kadang-kadang aku beli buku sih (kalo lagi punya duit) dan kebetulan belakangan ini sering menang GA, jadi aku emang punya beberapa buku di rumah, tapi BUKAN timbunan :lol:

Cara nyusunnya? Sesuai waktu kapan buku itu aku dapatkan, entah beli ato dapet dari GA/sumbangan teman.
Ratih Dwi | BBI 1302097

Twitter: @erdeaka
Blog: http://booklypurple.wordpress.com
Goodreads: http://www.goodreads.com/erdeaka
Flickr: http://www.flickr.com/erdeaka
User avatar
NinaRidyananda
Pecandu Buku
Posts: 289
Joined: Sun Jan 17, 2016 9:20 pm
Location: Surabaya
ID BBI: 1301065

Re: Valentine Quiz Pos 9

Postby NinaRidyananda » Tue Feb 16, 2016 8:39 am

Cara menyusun timbunan?

Cuma dipisahin antara buku yang sudah dibaca, buku yang akan segera dibaca, dan buku yang keliatannya bakal belum dibaca dalam waktu lama XD
Selain itu cuma dipisah antara terjemahan, lokal, dan impor. Penyusunannya berdasarkan author lalu series sih, karena impor sering berseri.

Udah gitu aja :) timbunanku gak sebanyak Mas Dion si Raja Timbunan haha. Paling sampai sekarang yang cuma ditimbun masih kurang dari 50 buku, sisanya pasti udah dibaca.
Nina Ridyananda of #1301065
Div. Event BBI | The Bookaddict Diaries | Twitter | Goodreads

If you only read the books that everyone else is reading, you can only think what everyone else is thinking.
–Haruki Murakami-
User avatar
Fitra Aulianty
Posts: 16
Joined: Tue Jan 26, 2016 10:17 pm
Location: Pekanbaru
ID BBI: 1511331

Re: Valentine Quiz Pos 9

Postby Fitra Aulianty » Tue Feb 16, 2016 10:28 am

Pertama diurutin sesuai penerbit dulu, soalnya tiap penerbit punya ciri khas ukuran dan model bukunya.
Terus baru diurutin berdasarkan warna
Fitra Aulianty #BBI1511331
Blog: mydreamlandstories.blogspot.com
Facebook: Fitra Aulianty
Twitter: @fira_yoopies
Email: fitra.aulianty@gmail.com

Forget-Read-Write--Forget-Write-Read--Erase--Remember-Memory. That's life. So blue.
User avatar
sylnamira
Posts: 27
Joined: Mon Feb 01, 2016 1:20 pm
ID BBI: 1408227

Re: Valentine Quiz Pos 9

Postby sylnamira » Tue Feb 16, 2016 12:08 pm

Susunan timbunan buku saya, berdasarkan mana yang masuk timbunan terlebih dahulu. Jadi, semacam orang antri di PLN, atau antri di apotik. Yang terbaru taruh di tumpukan paling atas. Nanti kalau mau baca, ambil yang tumpukan paling bawah. Soalnya kalau ambil yang atas duluan, sepertinya saya tidak adil sama buku yang sudah duluan di tumpukan. Kira-kira demikian.
User avatar
phie
Posts: 17
Joined: Thu Jan 28, 2016 9:31 am
ID BBI: 1301002

Re: Valentine Quiz Pos 9

Postby phie » Tue Feb 16, 2016 12:30 pm

Ada rumusnya. Hahahhahaha..
1. Udah dibaca atau belum. Kalau udah dibaca masuk rak mana, kalau belum masuk rak mana.
2. Abis itu berdasarkan genre
3. Terus abjad nama penulis (nama depan)
Harlequin Romance | BBI1301002
blog: http://www.resensiharlequin.com
instagram: angelanoviana
twitter: @angelanoviana
goodreads: https://www.goodreads.com/angelanoviana

Return to “Segala Hal tentang Buku dan Membaca”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest