Page 1 of 1

Membaca Buku Kala Puasa

Posted: Mon Jun 06, 2016 8:44 am
by RenPuspita
Hai hola come esta :lol:

*abaikan ketidak jelasan di atas 8-) *

Selamat berpuasa bagi yang menjalankan ibadah puasa. Gimana puasa hari pertamanya? Masih lancar kan? Atau baru juga jam segini tapi perut udah keroncongan atau nelan ludah? :mrgreen:

Nah, ini postingan tentang waktu - waktu yang pas untuk baca buku saat puasa, terutama bagi BBI-ers yang sibuk (kayak aku. Atau mungkin aku saja yang sibuk :? ). Tentunya baca buku di sini selain mengaji (ya, jangan lupa ngaji lho yaa. Jangan kayak aku yang cuma ngaji pas puasa *buka aib*) . Daripada makin ga karuan pembukaannya, ini dia waktu baca kala puasa yang pas:

1. Habis sahur

Ya, orang bilang abis sahur jangan tidur karena tidak baik untuk kesehatan (tapi Ren tetep aja tuh tidur *gubrak*). Sempatkan membaca bukumu setelah sahur, kira - kira baca selama 1-2 jam. Bisa dilakukan sebelum berangkat ke kantor atau melakukan aktifitas.

2. Saat rehat siang kantor/sekolah/kuliah

Abis sholat dhuhur, kalau ngantuk kan biasanya bablas leyeh - leyeh atau malah tidur sekalian :lol: . Usahakan habis ngaji, bisa deh luangkan waktunya untuk membaca minimal 1/2 jam atau 1 jam

3. Pas ngabuburit

Daripada nongkrong hellaw ngga jelas, mending baca buku. Iya ngga? :twisted: Kalau tidak lagi bantu emak masak di dapur atau menyiapkan makanan berbuka puasa, luangkan waktu untuk membaca kira - kira 1-2 jam. Ga nyadar tahu - tahu udah Magrib deh

4. Setelah sholat tarawih

Kalau belum keburu ngantuk, bisa deh disempatkan baca buku.

Nah, ga kerasa bisa deh selese baca buku 1 biji dalam sehari :lol: (tergantung jumlah halamannya tentunya). Ya, tentunya jangan lupa juga untuk mengaji Al Qur'an ya, biar balance antara amal ibadah dan kesenangan duniawi (apa lagi ini maksudnya :ugeek: )

Kalau BBI-ers yang lain gimana? Ada waktu - waktu khusus pas puasa gini untuk baca buku? Ayuk, ayuk share :mrgreen:

Re: Membaca Buku Kala Puasa

Posted: Mon Jun 06, 2016 3:48 pm
by helvry
RenPuspita wrote:Hai hola come esta :lol:

*abaikan ketidak jelasan di atas 8-) *

Selamat berpuasa bagi yang menjalankan ibadah puasa. Gimana puasa hari pertamanya? Masih lancar kan? Atau baru juga jam segini tapi perut udah keroncongan atau nelan ludah? :mrgreen:

Nah, ini postingan tentang waktu - waktu yang pas untuk baca buku saat puasa, terutama bagi BBI-ers yang sibuk (kayak aku. Atau mungkin aku saja yang sibuk :? ). Tentunya baca buku di sini selain mengaji (ya, jangan lupa ngaji lho yaa. Jangan kayak aku yang cuma ngaji pas puasa *buka aib*) . Daripada makin ga karuan pembukaannya, ini dia waktu baca kala puasa yang pas:



Saya ikutan puasa oleh karena sistem. saya sih palingan membaca berita web atau baca bacaan ringan saja, atau nelusurin artikel menarik, siapa tau bisa dishare di sini, hehehe

Re: Membaca Buku Kala Puasa

Posted: Tue Jun 07, 2016 7:05 am
by Putri Utama
kalau aku sih biasanya baca buku pas setelah sahur (nunggu azan subuh), selesai shalat tarawih, atau pas nunggu waktu berbuka puasa. Yang jadi persoalan buatku sih bukan waktu membaca, tapi apa yang dibaca. Berhubung bacaanku romance, gak mungkin dong baca bukunya yang ada adegan uhuk-uhuknya.

Kalau teman-teman ada yang mengalami masalah yang sama denganku? :mrgreen: :mrgreen:

Re: Membaca Buku Kala Puasa

Posted: Wed Jun 08, 2016 12:12 am
by PujiPRahayu
Yaa, berhubung sekarang lagi musim UAS, jadinya aku cuma baca buku-buku bahan ujian :" Heuheu. Itupun, udah kayak tepar-tepar gitu bacanya. Wakakak.
Tunggu hari jumat deh, kak, biur bener-bener bisa jawab. heuhue.

Re: Membaca Buku Kala Puasa

Posted: Wed Jun 08, 2016 2:55 pm
by evytaar
berhubung saya lagi libur, jadi bacanya pagi-pagi sehabis subuh, biasa di atas jam 6 sampai jam 10 (di antara itu), trus pas sore sampe menjelang buka puasa. kalo malam gak keburu. siang apalagi, udah lemes karena panas :lol:

Re: Membaca Buku Kala Puasa

Posted: Sat Jun 11, 2016 4:11 pm
by widywenny
PujiPRahayu wrote:Yaa, berhubung sekarang lagi musim UAS, jadinya aku cuma baca buku-buku bahan ujian :" Heuheu. Itupun, udah kayak tepar-tepar gitu bacanya. Wakakak.
Tunggu hari jumat deh, kak, biur bener-bener bisa jawab. heuhue.


lagi UAS jga kak? kok kompakan gitu sih, tos dul yuk mari :lol:
bacaan pas puasa, kebanyakan sih buku yang barokah (baru baca yang barokah pas puasa). sama, bacaan saya romance juga, kalo tiba2 di buku yang saya baca ada adegan uhuk uhuknya, ya mau gimana lagi :roll:

paling enak baca abis sahur sih, sebelum saya ingat kalo saya punya materi UAS yang belum dituntaskan.

Re: Membaca Buku Kala Puasa

Posted: Sat Jun 11, 2016 11:03 pm
by PujiPRahayu
widywenny wrote: lagi UAS jga kak? kok kompakan gitu sih, tos dul yuk mari :lol:
bacaan pas puasa, kebanyakan sih buku yang barokah (baru baca yang barokah pas puasa). sama, bacaan saya romance juga, kalo tiba2 di buku yang saya baca ada adegan uhuk uhuknya, ya mau gimana lagi :roll:

paling enak baca abis sahur sih, sebelum saya ingat kalo saya punya materi UAS yang belum dituntaskan.


Thanks, God! Udah kelar uasnya! Yeay. Hihihih. Udah bisa baca-baca novel *pamer maksudnya. wakakakka

Re: Membaca Buku Kala Puasa

Posted: Thu Jun 16, 2016 7:51 pm
by ipehalena
Saya baca bukunya kalo malem abis teraweh aja Kak Ren. Kalau siang itu sukaa..bawaannya ngantuk mulu :lol:

Re: Membaca Buku Kala Puasa

Posted: Fri Jun 24, 2016 9:07 am
by novaip
Putri Utama wrote:kalau aku sih biasanya baca buku pas setelah sahur (nunggu azan subuh), selesai shalat tarawih, atau pas nunggu waktu berbuka puasa. Yang jadi persoalan buatku sih bukan waktu membaca, tapi apa yang dibaca. Berhubung bacaanku romance, gak mungkin dong baca bukunya yang ada adegan uhuk-uhuknya.

Kalau teman-teman ada yang mengalami masalah yang sama denganku? :mrgreen: :mrgreen:


Aku juga gitu mak, yang jadi persoalan itu buku apa yang dibaca. Aku pernah nih pas nunggu waktu berbuka di kampus sambil baca buku. Awalnya gak ada tanda-tanda kalo ada adegan uhuk-uhuknya, eh eh ternyata dipertengahan ada, (yah meski gak hawt banget) tapi kan bisa membawa imajinasi ke arah yang iya-iya... :lol: :lol: :twisted: :twisted: . Akhirnya aku tutup sampai waktunya berbuka... :D :lol: :lol: