Membaca Buku Kala Puasa

User avatar
RenPuspita
Pecandu Buku
Posts: 245
Joined: Tue Jan 26, 2016 8:55 am
Location: In your dream
ID BBI: 1301008

Membaca Buku Kala Puasa

Postby RenPuspita » Mon Jun 06, 2016 8:44 am

Hai hola come esta :lol:

*abaikan ketidak jelasan di atas 8-) *

Selamat berpuasa bagi yang menjalankan ibadah puasa. Gimana puasa hari pertamanya? Masih lancar kan? Atau baru juga jam segini tapi perut udah keroncongan atau nelan ludah? :mrgreen:

Nah, ini postingan tentang waktu - waktu yang pas untuk baca buku saat puasa, terutama bagi BBI-ers yang sibuk (kayak aku. Atau mungkin aku saja yang sibuk :? ). Tentunya baca buku di sini selain mengaji (ya, jangan lupa ngaji lho yaa. Jangan kayak aku yang cuma ngaji pas puasa *buka aib*) . Daripada makin ga karuan pembukaannya, ini dia waktu baca kala puasa yang pas:

1. Habis sahur

Ya, orang bilang abis sahur jangan tidur karena tidak baik untuk kesehatan (tapi Ren tetep aja tuh tidur *gubrak*). Sempatkan membaca bukumu setelah sahur, kira - kira baca selama 1-2 jam. Bisa dilakukan sebelum berangkat ke kantor atau melakukan aktifitas.

2. Saat rehat siang kantor/sekolah/kuliah

Abis sholat dhuhur, kalau ngantuk kan biasanya bablas leyeh - leyeh atau malah tidur sekalian :lol: . Usahakan habis ngaji, bisa deh luangkan waktunya untuk membaca minimal 1/2 jam atau 1 jam

3. Pas ngabuburit

Daripada nongkrong hellaw ngga jelas, mending baca buku. Iya ngga? :twisted: Kalau tidak lagi bantu emak masak di dapur atau menyiapkan makanan berbuka puasa, luangkan waktu untuk membaca kira - kira 1-2 jam. Ga nyadar tahu - tahu udah Magrib deh

4. Setelah sholat tarawih

Kalau belum keburu ngantuk, bisa deh disempatkan baca buku.

Nah, ga kerasa bisa deh selese baca buku 1 biji dalam sehari :lol: (tergantung jumlah halamannya tentunya). Ya, tentunya jangan lupa juga untuk mengaji Al Qur'an ya, biar balance antara amal ibadah dan kesenangan duniawi (apa lagi ini maksudnya :ugeek: )

Kalau BBI-ers yang lain gimana? Ada waktu - waktu khusus pas puasa gini untuk baca buku? Ayuk, ayuk share :mrgreen:
Ren Puspita
Divisi Keanggotaan BBI

Blog | Goodreads | Twitter

Image
User avatar
helvry
Pecandu Buku
Posts: 200
Joined: Sun Jan 17, 2016 10:22 pm
Location: Bandung
ID BBI: 1301041

Re: Membaca Buku Kala Puasa

Postby helvry » Mon Jun 06, 2016 3:48 pm

RenPuspita wrote:Hai hola come esta :lol:

*abaikan ketidak jelasan di atas 8-) *

Selamat berpuasa bagi yang menjalankan ibadah puasa. Gimana puasa hari pertamanya? Masih lancar kan? Atau baru juga jam segini tapi perut udah keroncongan atau nelan ludah? :mrgreen:

Nah, ini postingan tentang waktu - waktu yang pas untuk baca buku saat puasa, terutama bagi BBI-ers yang sibuk (kayak aku. Atau mungkin aku saja yang sibuk :? ). Tentunya baca buku di sini selain mengaji (ya, jangan lupa ngaji lho yaa. Jangan kayak aku yang cuma ngaji pas puasa *buka aib*) . Daripada makin ga karuan pembukaannya, ini dia waktu baca kala puasa yang pas:



Saya ikutan puasa oleh karena sistem. saya sih palingan membaca berita web atau baca bacaan ringan saja, atau nelusurin artikel menarik, siapa tau bisa dishare di sini, hehehe
Helvry Sinaga | http://blogbukuhelvry.blogspot.co.id
Powered by Don't worry
User avatar
Putri Utama
Posts: 22
Joined: Tue Jan 26, 2016 1:55 pm
Location: Medan
ID BBI: 1301028

Re: Membaca Buku Kala Puasa

Postby Putri Utama » Tue Jun 07, 2016 7:05 am

kalau aku sih biasanya baca buku pas setelah sahur (nunggu azan subuh), selesai shalat tarawih, atau pas nunggu waktu berbuka puasa. Yang jadi persoalan buatku sih bukan waktu membaca, tapi apa yang dibaca. Berhubung bacaanku romance, gak mungkin dong baca bukunya yang ada adegan uhuk-uhuknya.

Kalau teman-teman ada yang mengalami masalah yang sama denganku? :mrgreen: :mrgreen:
Putri aka. Uthie
BBI #1301028
http://www.perpetualromanza.com

Whatever you do, good or bad, people will always have something negative to say about you...
User avatar
PujiPRahayu
Posts: 11
Joined: Mon Mar 07, 2016 7:53 pm
ID BBI: 1603338

Re: Membaca Buku Kala Puasa

Postby PujiPRahayu » Wed Jun 08, 2016 12:12 am

Yaa, berhubung sekarang lagi musim UAS, jadinya aku cuma baca buku-buku bahan ujian :" Heuheu. Itupun, udah kayak tepar-tepar gitu bacanya. Wakakak.
Tunggu hari jumat deh, kak, biur bener-bener bisa jawab. heuhue.
Puji P. Rahayu
A Beginner Reader
ID BBI: 1603338
http://prayrahayusbook.blogspot.co.id
User avatar
evytaar
Kutu Buku
Posts: 108
Joined: Wed Jan 20, 2016 6:41 pm
ID BBI: 1304123

Re: Membaca Buku Kala Puasa

Postby evytaar » Wed Jun 08, 2016 2:55 pm

berhubung saya lagi libur, jadi bacanya pagi-pagi sehabis subuh, biasa di atas jam 6 sampai jam 10 (di antara itu), trus pas sore sampe menjelang buka puasa. kalo malam gak keburu. siang apalagi, udah lemes karena panas :lol:
Evyta Ar
Divisi Website - BBI 1304123 - www.lensabuku.com
widywenny
Posts: 6
Joined: Wed Apr 20, 2016 6:28 pm
Location: Yogyakarta
ID BBI: 1304125

Re: Membaca Buku Kala Puasa

Postby widywenny » Sat Jun 11, 2016 4:11 pm

PujiPRahayu wrote:Yaa, berhubung sekarang lagi musim UAS, jadinya aku cuma baca buku-buku bahan ujian :" Heuheu. Itupun, udah kayak tepar-tepar gitu bacanya. Wakakak.
Tunggu hari jumat deh, kak, biur bener-bener bisa jawab. heuhue.


lagi UAS jga kak? kok kompakan gitu sih, tos dul yuk mari :lol:
bacaan pas puasa, kebanyakan sih buku yang barokah (baru baca yang barokah pas puasa). sama, bacaan saya romance juga, kalo tiba2 di buku yang saya baca ada adegan uhuk uhuknya, ya mau gimana lagi :roll:

paling enak baca abis sahur sih, sebelum saya ingat kalo saya punya materi UAS yang belum dituntaskan.
User avatar
PujiPRahayu
Posts: 11
Joined: Mon Mar 07, 2016 7:53 pm
ID BBI: 1603338

Re: Membaca Buku Kala Puasa

Postby PujiPRahayu » Sat Jun 11, 2016 11:03 pm

widywenny wrote: lagi UAS jga kak? kok kompakan gitu sih, tos dul yuk mari :lol:
bacaan pas puasa, kebanyakan sih buku yang barokah (baru baca yang barokah pas puasa). sama, bacaan saya romance juga, kalo tiba2 di buku yang saya baca ada adegan uhuk uhuknya, ya mau gimana lagi :roll:

paling enak baca abis sahur sih, sebelum saya ingat kalo saya punya materi UAS yang belum dituntaskan.


Thanks, God! Udah kelar uasnya! Yeay. Hihihih. Udah bisa baca-baca novel *pamer maksudnya. wakakakka
Puji P. Rahayu
A Beginner Reader
ID BBI: 1603338
http://prayrahayusbook.blogspot.co.id
User avatar
ipehalena
Posts: 7
Joined: Wed Jan 27, 2016 7:15 am
ID BBI: 1502284

Re: Membaca Buku Kala Puasa

Postby ipehalena » Thu Jun 16, 2016 7:51 pm

Saya baca bukunya kalo malem abis teraweh aja Kak Ren. Kalau siang itu sukaa..bawaannya ngantuk mulu :lol:
BBI 1502284
Blog : http://bacaanipeh.web.id
Twitter : @ipehalena
novaip
Posts: 6
Joined: Tue Mar 08, 2016 10:12 am
ID BBI: 1603333

Re: Membaca Buku Kala Puasa

Postby novaip » Fri Jun 24, 2016 9:07 am

Putri Utama wrote:kalau aku sih biasanya baca buku pas setelah sahur (nunggu azan subuh), selesai shalat tarawih, atau pas nunggu waktu berbuka puasa. Yang jadi persoalan buatku sih bukan waktu membaca, tapi apa yang dibaca. Berhubung bacaanku romance, gak mungkin dong baca bukunya yang ada adegan uhuk-uhuknya.

Kalau teman-teman ada yang mengalami masalah yang sama denganku? :mrgreen: :mrgreen:


Aku juga gitu mak, yang jadi persoalan itu buku apa yang dibaca. Aku pernah nih pas nunggu waktu berbuka di kampus sambil baca buku. Awalnya gak ada tanda-tanda kalo ada adegan uhuk-uhuknya, eh eh ternyata dipertengahan ada, (yah meski gak hawt banget) tapi kan bisa membawa imajinasi ke arah yang iya-iya... :lol: :lol: :twisted: :twisted: . Akhirnya aku tutup sampai waktunya berbuka... :D :lol: :lol:
Nova Indah Putri Lubis a.k.a novaip
BBI ID : #1603333
Blog | Goodreads | Twitter | Instagram

Return to “Segala Hal tentang Buku dan Membaca”

Who is online

Users browsing this forum: No registered users and 1 guest