Page 1 of 2

Buku-buku Angkatan Balai Pustaka

Posted: Tue Feb 23, 2016 4:52 pm
by casualbookreader
Angkatan Balai Pustaka sebagai suatu nama angkatan Balai pustaka dalam sastra Indonesia tidak terlepas dari riwayat pendirian Balai Pustaka sendiri. Balai Pustaka awalnya didirikan dengan nama Commissie voor de Volkslectuur dengan tujuan agar rakyat pribumi tidak membaca karya luar negeri. Ketika tahun 1917 namanya diganti menjadi Balai Pustaka terjadi perkembangan dalam badan tersebut. Kemudian muncullah prosa baik roman, novel, cerpen, dan drama yang menggantikan sastra yang berbentuk syair, gurindam, dan hikayat.

Saya sendiri adalah penggemar buku-buku angkatan Balai Pustaka. Alasannya? Karena ketika pertama kali memilih buku sendiri (lepas dari cerita anak-anak atau perkenalan dengan komik), buku yang kebetulan saya pilih adalah buku-buku Balai Pustaka. Ketika itu di sekolah, judulnya diperkenalkan oleh guru Bahasa Indonesia, dan kesempatan membaca lebih dulu daripada teman yang lain membuat rasa puas *halah*

Kamu (pasti/mungkin?) familier dengan nama-nama Merari Siregar, Abdul Muis, Nur St. Iskandar, STA, Marah Roesli.

Waktu kecil, yang sangat membekas untuk saya adalah Atheis karya A. K. Mihardja dan Salah Asuhan karya Abdul Muis. Ketika saya sudah beranjak dewasa *cailah*, saya sangat terpukau dengan Si Dul Anak Betawi milik Aman Datuk Madjoindo yang ternyata jauh dari sinetronnya #yaiyalah. Sampai sekarang, saya masih dalam tahap mengumpulkan (kalo gak mau dibilang nimbun) buku-buku angkatan Balai Pustaka.

Bagaimana dengan kamu? Apakah tertarik membacanya? Atau justru sudah mengoleksinya buku-buku milik penerbit yang mungkin dipastikan sudah akan hampir banget gulung tikar ini?

Re: Buku-buku Angkatan Balai Pustaka

Posted: Wed Feb 24, 2016 10:12 am
by evytaar
sama, dulu juga kenal dengan buku fiksi (bukan buku anak lho ya) awalnya dari buku-buku angkatan balai pustaka, secara di sekolah kan ada pelajaran meresensi buku dan juga pelajaran prosa. nah itu buku-buku angkatan balai pustaka, pujangga baru, dll.

yang balai pustaka pernah dibaca itu:

Azab dan Sengsara
Siti Nurbaya
Hulubalang Raja
Katak Hendak Menjadi Lembu
Salah Asuhan

cuma kalo ditanya sekarang ceritanya masih ingat apa ngga, yah, udah banyakan yang lupa :lol: kepingin sih baca lagi dan coba ngumpulin lagi. cuma nyarinya agak susah ya sekarang kalo baru. mesti cari yang bekas. dan seringnya di tobuk bekas sini dijualnya yang versi bajakan.

Re: Buku-buku Angkatan Balai Pustaka

Posted: Wed Feb 24, 2016 2:43 pm
by casualbookreader
evytaar wrote: cuma kalo ditanya sekarang ceritanya masih ingat apa ngga, yah, udah banyakan yang lupa :lol: kepingin sih baca lagi dan coba ngumpulin lagi. cuma nyarinya agak susah ya sekarang kalo baru. mesti cari yang bekas. dan seringnya di tobuk bekas sini dijualnya yang versi bajakan.



Balai Pustaka ada versi onlinenya di http://www.balaipustakaonline.com/ hehe

Re: Buku-buku Angkatan Balai Pustaka

Posted: Wed Feb 24, 2016 4:40 pm
by kopilovie
hampir gulung tikar? really? :o :shock:

Marah Roesli dan Sitti Nurbaya-nya adalah salah satu favoritku dari Balai Pustaka :D
Pernah ada edisi terbatas buku-buku balai pustaka, dalam bentuk bookset. Sempat pengin beli dan koleksi, sih, cuma harganya agak wow :?

maybe someday :lol:

Re: Buku-buku Angkatan Balai Pustaka

Posted: Thu Feb 25, 2016 8:07 am
by evytaar
casualbookreader wrote:Balai Pustaka ada versi onlinenya di http://www.balaipustakaonline.com/ hehe


wah, baru tau ada versi online-nya. berarti bisa kalo mo order2 dari situ ya. makasih mbak ^^

Re: Buku-buku Angkatan Balai Pustaka

Posted: Thu Feb 25, 2016 8:33 am
by casualbookreader
kopilovie wrote:hampir gulung tikar? really? :o :shock:

Marah Roesli dan Sitti Nurbaya-nya adalah salah satu favoritku dari Balai Pustaka :D
Pernah ada edisi terbatas buku-buku balai pustaka, dalam bentuk bookset. Sempat pengin beli dan koleksi, sih, cuma harganya agak wow :?

maybe someday :lol:


Aku punya kok, Kak *ceritanya sombong*
Aku kan juga pernah nawarin dulu dengan harga miring (malah promosi)

Re: Buku-buku Angkatan Balai Pustaka

Posted: Thu Feb 25, 2016 10:25 am
by kopilovie
casualbookreader wrote:
Aku punya kok, Kak *ceritanya sombong*
Aku kan juga pernah nawarin dulu dengan harga miring (malah promosi)


seberapa miring? :o :shock:

Re: Buku-buku Angkatan Balai Pustaka

Posted: Thu Feb 25, 2016 1:31 pm
by casualbookreader
kopilovie wrote: seberapa miring? :o :shock:


Kira-kira 1/4 harga aslinya. Minat? :lol: :lol: :lol:

Re: Buku-buku Angkatan Balai Pustaka

Posted: Fri Feb 26, 2016 2:41 pm
by helvry
casualbookreader wrote:
kopilovie wrote: seberapa miring? :o :shock:


Kira-kira 1/4 harga aslinya. Minat? :lol: :lol: :lol:


berarti diskon 75%. pertanyaannya. harga aslinya berapa kah?

Re: Buku-buku Angkatan Balai Pustaka

Posted: Fri Feb 26, 2016 3:17 pm
by casualbookreader
helvry wrote:
casualbookreader wrote:
kopilovie wrote: seberapa miring? :o :shock:


Kira-kira 1/4 harga aslinya. Minat? :lol: :lol: :lol:


berarti diskon 75%. pertanyaannya. harga aslinya berapa kah?



Sekitar 2 juta 8-) 8-) 8-)